Thursday, December 29, 2011

Yogya Bertambah 7.000 Sepeda Motor per Bulan

Saat ini di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat sekitar 3,5 juta sepeda motor. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya di kota yang mendapat julukan kota pelajar ini.

"Fenomena sekarang di Yogya banyak dipenuhi dengan sepeda motor. Setiap bulan ada 7 ribu sepeda motor yang bertambah di Yogyakarta," ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY, Tjipto Haribowo kepada wartawan di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Bulaksumur, Yogyakarta, Kamis (29/12/2011).


Pemerintah Provinsi DIY bisa dan tidak berani memberikan larangan dengan cara membatasi peredaran sepeda motor di Yogyakarta. Sebab hal itu bisa dianggap melanggar HAM. Salah satu cara yang dilakukan Pemprov DIY untuk mengatasi masalah transportasi adalah memperbaiki sistem transportasi massal. Sistem transportasi massal yang dicoba dikembangkan adalah model Trans Jogja.

Saat ini Trans Jogja baru melayani 3 jalur dengan 54 bis. Ke depan diharapkan bisa melayani 12 jalur dengan lebih dari 120 bis

No comments: